Sertijab Plt Kadisdik Sampang Dipertanyakan, BKPSDM Ngaku Tak Diundang

oleh -683 views
Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang
Suasana pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang di aula dinas setempat. (Foto: Is/SorotPublik)

SAMPANG, SOROTPUBLIK.COM – Pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur di aula kantor dinas setempat dipertanyakan.

Pasalnya, di antara Plt kepala dinas di Sampang, semisal Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sebelumnya tidak pernah melakukan Prosesi Serah Terima Jabatan.

Pelaksanaan Sertijab Plt itu hanya dilakukan oleh Dinas Pendidikan saja pada hari ini, Senin (16/09/2019). Sehingga hal tersebut dinilai tidak lazim dan menimbulkan pertanyaan di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sampang.

Merespon fenomena tersebut, Ketua Forum Gardu Demokrasi (FGD) Divisi Politik, Hukum & HAM, Abdul Aziz menyatakan, proses itu tidak lazim dilakukan dan bisa menimbulan pikiran yang macam-macam. Sebab, untuk menjadi eselon II dibutuhkan persyaratan uji kompetensi dan lelang.

“Kalau Dinas Pendidikan ada Sertijab Plt seakan-akan menimbulkan pertanyaan apakah ini yang mau didefinitifkan,” ujar Aziz.

Sementara itu, Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang, Arif Lukman Hidayat, SE, MM, menyatakan, pihaknya tidak mengetahui terkait serah terima jabatan di lingkungan Dinas Pendidikan itu.

“Kami tidak diundang dan tidak tahu ada acara Sertijab Plt,” katanya.

Berdasarkan pantauan sorotpublik.com di lokasi, Prosesi Serah Terima Jabatan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang hari ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Yuliadi Setiawan.

Selain itu, tentu saja dihadiri oleh seluruh pegawai Disdik, bahkan juga terlihat sejumlah siswa-siswi berseragam SMA.

Penulis: Is
Editor: Helmy