Seleksi O2SN 2019 SD Sederajat Tingkat Kabupaten Sumenep Digelar Selama Tiga Hari

oleh
Plt Kadisdik Sumenep, Muhammad Saidi (pakai kacamata) saat menghadiri Pembukaan Seleksi O2SN 2019 SD Sederajat Tingkat Kabupaten. (Foto: Heri/SorotPublik)

Penulis: Heri/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Seleksi lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat Tingkat Kabupaten resmi dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (11/04/2019) pagi.

Olimpiade tersebut diselenggarakan Disdik selama tiga hari, sejak Kamis ini hingga Sabtu (11-13/04/2019) dan dipusatkan di Gor A. Yani Panglegur, Sumenep.

Loading…

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Mohammad Saidi menjelaskan, pelaksanaan O2SN tahun 2019 Tingkat Kabupaten bertujuan untuk membina dan mempersiapkan olahragawan profesional di tingkat Nasional maupun Internasional sejak usia sekolah.

“Kita ingin mempersiapkan olahragawan profesional kabupaten untuk berlaga di tingkat Nasional maupun Internasional, termasuk juga sebagai upaya mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga,” tuturnya kepada sejumlah media, saat ditemui usai Pembukaan Seleksi lomba O2SN 2019 SD Sederajat Tingkat Kabupaten di halaman Dinas Pendidikan setempat.

Tujuan lain dibinanya para peserta didik terbaik dalam menghadapi O2SN secara serius, untuk mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri yang tinggi, dan jiwa bertanggungjawab. Termasuk untuk memupuk nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini di lingkungan sekolah.

“Hal ini bertujuan untuk menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik, termasuk membudayakan hidup sehat dengan gemar berolahraga,” ucap Saidi, panggilan akrab Plt Disdik Sumenep itu.

Adapun jenis lomba yang dikompetisikan, lanjut Saidi, ada sekitar lima jenis cabang olahraga. Pesertanya berasal dari utusan terbaik 27 kecamatan di Sumenep dari kelas IV hingga kelas V SD sederajat.

“Jenis lomba yang dipertandingkan meliputi lomba Kids-Athletiks, Renang, Bulu Tangkis, Pencak Silat hingga lomba Karate. Dan Alhamdulillah bisa diikuti oleh seluruh perwakilan kecamatan baik daratan maupun kepulauan terjangkau Sumenep,” terangnya.

Dari hasil seleksi yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, nantinya akan dilakukan pembinaan intensif untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur Juli 2019 mendatang. Saidi berharap, utusan Sumenep nantinya bisa menjadi juara di Jatim, lalu berhasil mempersembahkan prestasi dari tingkat Nasional.

“Sudah sekitar 12 tahun O2SN terselenggara, siswa utusan Sumenep berhasil meraih juara dua Nasional selama dua kali. Dan kami masih yakin tahun ini Sumenep akan kembali berprestasi,“ pungkasnya, optimis.

Pantauan media ini, pembukaan seleksi O2SN 2019 jenjang SD sederajat tingkat Kabupaten berlangsung lancar. Para peserta dihibur dengan aksi memukau drum band berprestasi Gita Kermata dari SDN Saronggi I, yang telah mensukseskan HUT Polri pada kegiatan Polda Jatim tahun 2018 di Bakorwil IV Madura di Pamekasan.