Sejumlah SDN di Sumenep Keluhkan Minimnya Tenaga Guru PNS

oleh
Salah satu guru sukwan di Kecamatan Ambunten saat mengajar

Penulis: Heri

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Sejumlah sekolah tingkat sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur keluhkan minimnya tenaga guru pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini disampaikan oleh sejumlah kepala sekolah, bahwa di sekolahnya tersebut saat ini kekurangan tenaga guru PNS yang mana saat mengajar disekolah tersebut hanya dibantu oleh para tenaga guru sukwan.

“Kami disini ini kekurangan tenaga guru PNS, dan yang PNS hanya saya selaku kepala sekolah saja, yang lainnya itu tenaga guru sukwan yang mana gajinya Rp; 150 ribu perbulan dan dibayar kalok bos cair,” ungkap salah satu kepala sekolah yang enggan disebutkan namanya, Rabu (29/08/2018).

Ia menjelaskan, pihak dinas pendidikan Kabupaten Sumenep diduga hanya diam saja dengan kondisi sekolah yang minim tenaga guru pegawai negeri sipil (PNS), disebabkan Ia sering menyampaikan keluhannya itu saat ada kunjungan pihak dinas pendidikan Sumenep ke sekolahnya, namun hingga saat ini belum ada penambahan terkait apa yang Ia keluhkan.

“Saya tidak tau lagi mas mau menyampaikan kepada siapa terkait keluh kesah kekurangan tenaga guru PNS ini, sebab saya sering menyampaikan terkait apa yang saat ini saya alami di sekolah, tetapi anehnya hingga saat ini belum ada respon dari pihak disdik Sumenep,” jelasnya.

Ia hanya berharap, pihak Dinas Pendidikan Sumenep seharusnya meninjau langsung kelapangan terkait apa yang menjadi keluhan para kepala sekolah, agar dunia pendidikan di Kabupaten Sumenep semakinmaju seperti sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten lainnya.