Sambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Satlantas Polres Sumenep Siap Gelar Operasi Ketupat

oleh
Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Deddy Eka Apriyanto, S.H saat ditemui di ruangannya. (Foto: Heri/SorotPublik)

Penulis: Heri/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 H, Satlantas Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur siap menggelar Operasi Ketupat.

Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Deddy Eka Apriyanto, S.H. mengatakan, salah satu giat Operasi Ketupat nanti akan dilaksanakan di pasar tumpah, seperti Pasar Kecamatan Pragaan yang merupakan jalur utama menuju Kota Sumenep.

Loading…

“Operasi Ketupat menjelang lebaran sampai selesai lebaran ini penting. Mulai dari angkutan, perlu kita antisipasi dan kita jaga supaya menurunkan penumpang atau berhenti minimal turun di badan jalan, jangan sampai di atas ruas jalan,” ungkapnya, Selasa (21/05/2019).

AKP Deddy menuturkan, untuk penempatan personel dalam operasi ini pihaknya berkoordinasi dengan Polsek, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP. Utamanya terkait pasar tumpah dan lokasi-lokasi black spot.

“Pasar tumpah seperti di Pragaan, di sana ada Pos Pantau karena jalur masuk ke Sumenep. Di Saronggi juga ada Pos Pantau untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas, mengingat di sana adalah jalur-jalur Black Spot yang rentan terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Personel yang diturunkan di Pos Pantau Saronggi cukup banyak karena terdiri dari gabungan TNI dan Polri. Hal tersebut, kata Dedy mengingat penyeberangan di Pelabuhan Tanjung lebih dekat dengan Saronggi.

“Pos Pantau juga ditempatkan di Kalianget untuk memantau aktivitas hilir mudiknya orang maupun kendaraan ke kepulauan,” imbuhnya.

Operasi Ketupat sendiri akan digelar pada tanggal 29 Mei sampai tanggal 10 Juni 2019. Adapun yang tergabung dalam operasi tersebut ada dari Kepolisian, TNI, Tim Kesehatan (Dinkes), Dishub dan Satpol PP, terutama di Pos Terpadu Taman Bunga.

Deddy berharap dengan digelarnya Operasi Ketupat nanti dapat meminimalisir terjadinya laka lantas. Sebab, aktivitas berkendara saat itu memang cukup tinggi.

“Berhati-hatilah saat berkendaraan. Pastikan kendaraannya fit, perhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain, patuhi lalu lintas, dan jaga sopan santun berlalulintas,” pesannya.