Ratusan Warga Pulau Raas Tidak Kebagian Mudik Gratis

0
224

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMProgram mudik gratis lebaran yang di programkan oleh pemerintah disambut antusias oleh masyarakat kepulauan. Terbukti ribuan warga kepulauan Kabupaten Sumenep berbondong-bondong mendaftarkan diri ikut kapal mudik gratis. Termasuk diantaranya kapal mudik yang disiapkan untuk trayek Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Bahkan karena telat ratusan warga tidak bisa menikmati program mudik gratis dari pemerintah, sehingga harus ikut kapal regular yang biasa beroperasi dua kali dalam satu minggu.

Salah seorang warga pulau Raas Abrori mengatakan, untuk mudik dan balik masing-masing  ada tiga trip pemberangkatan dengan kapasitas sekali berangkat 400 orang. Sementara pendaftar mudik menuju Pulau Raas Kabupaten Sumenep dengan kouta 1.200 orang sudah penuh, sehingga banyak penumpang yang tidak kebagian tiket dan harus mengikuti kapal reguler dengan biaya sendiri.

”Alhamdulillah kami kebagian tiket, namun ada ratusan warga yang tidak kebgaian program mudik gratis ini,’’ katanya, Kamis (15/06).

Warga yang mendaftar ikut kapal mudik didominasi warga pulau Raas yang bekerja diluar daerah, termasuk diantaranya di Pulau Bali. Selain itu ada juga santri yang mau pulang dari pondok.

Kepala Syahbandar Kalianget, Moch Iksan menyatakan, untuk pandaftar mudik untuk rute Kalinget Pulau Kangean pendaftarnya sudah mencapai 1.525 orang, untuk jadwal pemberangkatan dari tanggal 19 hingga 24 juni 2017.

“Pendaftar paling banyak untuk mudik tercatat pada tangal 19 sebanyak 352 orang, dan tanggal 22 sebanyak 337 orang. Puncak arus mudik angkutan laut di Sumenep diperkirakan terjadi pada H-3 Lebaran,’’ terangnya.

LEAVE A REPLY