Ratusan Ribu Buruh Padati Jantung Ibu Kota

0
6145

Penulis: Dzulfiqar

Jakarta, SOROTPUBLIK.COM – Ratusan ribu buruh yang terdiri dari berbagai aliansi meluruk areal jantung Ibu Kota dengan konsentrasi massa terpusat di patung kuda, Jakarta Pusat pada peringatan Hari Buruh, 1 Mei 2108.

Diantara mereka adalah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), KASBI, Komite Aksi Transportasi Online (KATO), SPN, GSBI, FPR, GMNI, FMN, GSBI, ILPS, AGRA, SERUNI , LMND, Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) dan lain-lain. Mereka terafiliasi dengan organisasi besar Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pimpinan Said Iqbal yang belakangan tegas menolak perpres 20 tahun 2018 tentang TKA.

Dilengkapi beberapa mobil komando dan orator dari tiap-tiap aliansi, para buruh menyuarakan berbagai aspirasi dengan inti tuntutan agar pemerintah mencabut PP 78 tahun 2015 dan Perpres TKA 2018.

“Cabut PP 78 tentang upah murah! Cabut Perpres no 20 tentang TKA! Jokowi harus memikirkan buruh Indonesia, bukan buruh asing!,” menjadi teriakan yang diulang-ulang oleh orator dari berbagai Aliansi.

Usai melakukan orasi dan longmacrh di sekitaran Monumen Nasional (Monas), para buruh bergerak ke Istora Senayan yang direncanakan sebagai puncak penyampaian tuntutan sekaligus mendeklarasikan dukung politik mereka pada Pilpres 2019.

LEAVE A REPLY