Ratusan Pemudik di Sumenep Mulai Memadati Pelabuhan Kalianget

oleh

Penulis: Ismi

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM – Ratusan pemudik mulai memadati Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Disebabkan hari ini merupakan pemberangkatan pertama program mudik gratis yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bagi warga Kepulauan.

Pada tahap pertama, mudik gratis kepulauan itu, menempuh rute Pelabuhan Kalianget-Pulau Kangean. Ratusan penumpang yang sudah mendaftar sebelumnya, sejak pagi tadi sudah memadati pelabuhan Kalianget, dan  mereka pun tak sabar ingin mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

“Pemberangkatan pertama dilakukan jam 8 pagi, dengan rute Kalianget – Kangean. Kapal yang digunakan adalah Express Bahari 9C,” ungkap Edy Sucipto, Senin (11/6/2018).

Petugas lalu lintas angkutan laut dan usaha kepelabuhanan KSOP Kalianget itu menambahkan, pada pemberangkatan pertama tersebut, Kapal Express Bahari 9C mengangkut 396 penumpang dari kapasitas kapal 404 orang. Namun jumlah penumpang masih di bawah kapasitas dan tidak berbahaya.

“Penumpang masih di bawah kapasitas maksimal kapal. Karena memang untuk program mudik gratis ke Pulau Kangean ada beberapa trip,” tambahnya.

Berdasarkan data yang di himpun jurnalis sorotpublik.com, untuk kapal mudik gratis program Pemprov Jawa Timur rute Kalianget-Kangean, ada 8 trip pulang pergi. Armada tersebut akan beroperasi mulai tanggal 11 Juni pukul 08.00 WIB.