PKK Kaliwates Jember Gelar Sosialisasi Penurunan AKI, AKB dan Akbal

oleh
Sosialisasi Penurunan AKI, AKB dan Akbal oleh TP PKK Kecamatan Kaliwates, Jember
Sosialisasi Penurunan AKI, AKB dan Akbal oleh TP PKK Kecamatan Kaliwates, Jember. (Foto: Nurul H/SorotPublik)
loading...

Penulis: Nurul H/Kiki

JEMBER, SOROTPUBLIK.COM – Guna meminimalisir angka kematian setiap tahunnya, TP PKK Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur mengadakan Sosialisasi AKI, AKB dan Akbal.

Ketua PKK Kecamatan Kaliwates, Wardah menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat dengan harapan berkurangnya angka kematian jiwa setiap tahunnya.

Loading...

“Acara kumpulan PKK ini rutin setiap bulan, dan kebetulan sekarang halal bihalal sekaligus Sosialisasi Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (Akbal) dengan narasumber Ibu Reni selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV,” tutur Wardah, Selasa (25/06/2019).

Sosialisasi itu, sambung dia, tentu saja digelar dengan harapan agar angka kematian setiap tahunnya semakin berkurang. Bahkan, harapannya kematian balita bisa nihil.

“Kalau bisa kematian bayi, balita bisa nol,” harap Wardah.

Sementara Reni Juniwati selaku Ketua Pokja IV PKK Kecamatan Kaliwates mengatakan, kematian setiap tahunnya selalu ada. Baik dari ibu, bayi, maupun balita.

“Meskipun angka kematian naik turun per tahunya, kita harus terus berupaya bersama hingga setiap tahunya angka kematian kecil,” tegasnya.

Menurut Reni, kerjasama antara masyarakat dengan petugas dalam kasus itu sangat penting. Sebab, masih ada masyarakat yang malu, sehingga tidak dapat diberikan pelayanan.

“Harapan kami masyarakat dapat memberikan respon positif, karena terkadang ketika kami bertugas ada masyarakat yang tidak mau dikroscek, malu, sehingga tidak mau ditemui. Sedangkan rencana kami untuk kebaikan masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.