Pesta Rakyat hingga Perahu Nusantara Hiasi Perayaan HUT Ke-71 Kodam V/Brawijaya

oleh -548 views
HUT Ke-71 Kodam V/Brawijaya
Festival Perahu Nusantara, salah satu dari serangkaian kegiatan yang digelar Kodam V/Brawijaya dalam rangka memperingati HUT Ke-71 Tahun 2019. (Foto for SorotPublik)

SURABAYA, SOROTPUBLIK.COM – Serangkaian acara sengaja digelar oleh pihak Kodam V/Brawijaya Surabaya dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71, tahun ini. Selain Festival Perahu Nusantara, pihak Kodam juga menggelar acara berupa Kirab Sepeda Onthel, Jeep Willys hingga Pesta Rakyat.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P. B mengungkapkan, diselenggarakannya Festival Perahu Nusantara itu, diharapkan mampu mendorong terciptanya inovasi, aktifitas ekonomi dan budaya masyarakat dalam usaha mengembangkan sektor pariwisata dan seni di Jawa Timur.

Pangdam menilai jika Festival Perahu Nusantara perlu dikembangkan. Pasalnya, selain bisa dijadikan suatu gambaran mengenai wilayah, serta kekayaan laut yang begitu besar, festival tersebut juga sebagai upaya penyemangat nasionalisme bangsa dan negara.

“Bangsa kita ini, terlahir dari nenek moyang pelaut. Itu juga mampu menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa dan negara ini,” jelas Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P. B, Minggu (22/12/2019) petang.

Tidak hanya itu, mantan Danrem 084/Bhaskara Jaya tersebut menegaskan bahwa Pesta Rakyat yang digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-71 Kodam tersebut merupakan suatu wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Pesta rakyat ini tidak hanya dimaksudkan sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi, serta kebersamaan saja. Tapi, juga sebagai media refleksi dan evaluasi akan peran, serta kinerja kita sebagai prajurit Bhirawa Anoraga yang gagah perkasa, namun rendah hati,” tegas Mayjen TNI Wisnoe, P. B.

Selain melibatkan instansi lainnya, acara tersebut juga turut melibatkan elemen hingga komponen masyarakat di Jawa Timur. Menurut Pangdam, hal itu merupakan bukti kebersamaan, sekaligus Kemanunggalan antara TNI dan rakyat di Jawa Timur, sangat terwujud dengan baik.

“Kegiatan seperti ini sangat relevan untuk dilaksanakan, guna membina dan memupuk rasa nasionalisme kita sebagai bangsa yang majemuk untuk dipadukan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” pungkas Pangdam.

Penulis: Pend
Editor: Kiki