Pesan Jokowi di Haul Majmuk Masyaikh Sokerejo

oleh

Penulis : Ainur

Situbondo, SOROTPUBLIK.COM – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menghadiri haul majmuk masyaikh di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sokerejo (PPS2), Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Gubernur Jawa Timur, kedatangannya disambut meriah oleh ribuan Santri, Masyarakat, serta personil gabungan Polres Situbondo.

Kehadiran Jokowi pada acara tersebut merupakan sebuah penghargaan kepada pahlawan Nasional, Kh. As’ad Syamsul Arifin yang telah memberikan dedikasinya untuk bangsa Indonesia melalui pemikiran dan perjuangannya.

“Karena itulah saya datang ke PPS2. Sebab saya selalu ingat perjuangan Kyai As’ad untuk Nusantara, dan saya ingin langsung merasakan serta mengetahui santri Sokerejo,” tutur Jokowi dalam sambutannya, Sabtu (03/02/2018).

Lebih dari itu, Jokowi menjelaskan, bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh Negara-negara lain, baik kekayaan alam, budaya, suku, dan bahasa.

“Dunia mengagumi Indonesia. Negara muslim yang sangat banyak dan bangsa yang sangat majmuk. Terdiri dari 660 juta penduduk, 770 ribu pulau, 740 ribu suku yang tersebar di suluruh Indonesia dan 110 ribu,” jelasnya.

Dari pantau di lokasi, presiden Jokowi Dodo tanpak semangat dalam menyampaikan pesan terhadap ribuan santri itu, dan terlihat santri dan warga ingin berselfi walau pengamanan itu sangatlah ketat.