Pertanian Tidak Menguntungkan, Masyarakat Beralih Ke Tambak Udang

oleh

Penulis : Heri

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM – Masyarakat pesisir saat ini mulai enggan berani menggarap lahan pertanian, sebab mereka menganggap pertanian saat ini mulai tidak memberi keuntungan. Dari pada itu masyarakat pesisir mulai menggarap sawah mereka menjadi tambak udang.

Seperti yang di tutur kan oleh Asmawi warga Desa Bilangan, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Teimur. Bahwa dirinya sengaja menggarap sawahnya untuk di jadikan tambak udah. Karena mengganngap sektor pertanian sudah tidak menguntungkan.

“Tambak udang sekarang menjanjikan penghasilannya, ketimbang bertani,” tuturnya, Sabtu (05/12/2015).

Menurutnya bukan hanya dirinya yang sudah menggarap sawahnya, namun sudah hampir dari masyarakat pesisir yang beralih menjadi peternak udang. Bahkan penggarapan tambak udang besar besaran terjadi di kecamatan sungkeman, batang batang dan gapura.

Hal ini menjadi bukti bahwa tambak udang memang menjanjikan penghasilannya untuk ditekuni. Karena disetiap panennya bisa menghasilkan sampai 75 juta. Bahkan kalau di tanami padi tidak akan sampai memperoleh 25 juta.

“Panen tahun ini saya dapat 75 juta, itu hanya dua petak,” ceritanya.

Jika semua masyarakat pesisir semua berlatih pada peternak udang, maka penghasilan padi di pulau garam ini aka. Berkurang setiap tahunnya. Dan masyarakat akan kekurangan pemasokan padi.