Penyembelihan Hewan Qurban Pemkab Sumenep Bakal Digelar Usai Shalat Id

oleh
Hewan Qurban
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Drs. H. Achmad Aminullah, M.Si. (Foto Ist/SorotPublik)
loading...

Penulis: Mi
Editor: Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan kembali melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada tanggal 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah, Minggu (11/08/2019).

Penyembelihan hewan qurban yang rutin digelar setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha itu akan dilaksanakan di halaman belakang Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep.

Loading...

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Achmad Aminullah mengungkapkan, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha nanti dilaksanakan setelah shalat Id, sekitar pukul 08.00 WIB.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep.

“Jadi, penyembelihan hewan qurban tetap seperti biasa dilakukan setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha pukul 08.00 pagi,” kata Aminullah, Kamis (08/08/2019) lalu.

Kemudian, ia meminta setiap OPD di lingkungan Pemkab Sumenep untuk menyerahkan hasil pengumpulan hewan kurban yang ada. Dimulai sejak hari Kamis lalu, waktu pengumpulan berlangsung hingga H-1 Hari Raya Idul Adha, Sabtu (10/08/2019) hari ini.

“Untuk jumlah penyerahan hewan qurban dari masing-masing OPD tidak ada target khusus. Tapi diharapkan hasil secara keseluruhan nantinya bisa melebihi dari jumlah pelaksanaan qurban tahun sebelumnya,” ungkap Aminullah.

Untuk penyalurannya, daging hewan qurban manti langsung diberikan kepada fakir miskin dan kaum duafa. Selain itu, juga melalui lembaga penyalur, seperti takmir masjid, mushalla maupun yayasan.

“Karena itu, diharapkan jumlah hewan qurban yang terkumpul nantinya lebih banyak dari tahun sebelumnya, agar pemberian daging hewan qurban kepada masyarakat miskin dan kaum duafa semakin banyak sasarannya,” pungkas Aminullah.