Penprov Jatim dan Pemkab Pasuruan Diduga Tak Bernyali Menutup Pertambangan Liar

0
407

Penulis : Masroni

PASURUAN, SOROTPUBLIK.COM – Pernyataan pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang akan segera melakukan evaluasi terkait penambangan liar hanya gertakan “sambal”. Hal ini terlihat dari aktifitas penambang liar yang masi berjalan sampai saat ini dan pemerinta diduga tak bernyali baik pemerintah Kabupaten maupun Provensi Jawa Timur terkait penutupan pertambangan liar yang banyak memakan korban.

Berdasarkan data dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan, 63 titik penambangan liar yang tak berizin, dan 2boca  meninggal dunia di areal pertambangan tersebut. Namun walau sudah memakan korban belum ada tindakan yang jelas di pihak pemerintah terkait.

Salah satu toko muda Kabupaten Pasuruan Mbah Ware mengatakan “sebagian besar bencana baik itu banjir maupun lonsor di akibatkan maraknya penambagan liar,” Pungkasnya, Jumat (03/02).

Mbah Ware menayakan terhadap pemerintah, baik Bupati maupun instansi terkait dan penegak hukum, dengan tidak adanya tindakan hukum terhadap oknum pengusaha penambang liar yang menyebabkan rusaknya lingkungan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui dinas terkait tidak segera menutup aktifitas penambagan liar tidak hanya mengeluarkan statmen yang klasik. Pertanyaannya apakah Bupati,Badan Lingkungan Hidup , perizinan dan Pol PP serta Polres tidak mengetahui bahwa di Pasuruan ada penambangan liar selama ini,” Tanya  Mbah Wareh di hadapan wartawan.

LEAVE A REPLY