Pengurus DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2021 Resmi Dilantik, Ini Daftarnya

oleh -453 views
Pelantikan DPC PWRI Sumenep
Ketua DPD PWRI Jatim, H. Saiful Bachri, SH saat melantik Pengurus DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2021 di Gedung Islamic Center Bindara Saod Batuan. (Foto: Ist/SorotPublik)

Penulis: Mi
Editor: Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM-Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Periode 2019-2021 resmi dilantik di Gedung Islamic Center Bindara Saod Batuan, Rabu (29/08/2019).

Pengangkatan dan Penetapan DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2021 tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 16.34.001/SK/DPP.PWRI/VIII/2019 yang ditetapkan DPP PWRI di Jakarta pada tanggal 8 Agustus 2019.

SK itu ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PWRI, Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn dan Sekretaris Jenderal DPP PWRI, Zulfikar Taher, SH, S.Pd.I yang juga membacakan SK dalam acara Pelantikan dan Diskusi Publik DPC PWRI Sumenep.

Usai pembacaan SK berikut nama-nama para pengurus DPC PWRI Sumenep dalam lampirannya, pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua DPD PWRI Jatim, Saiful Bachri, yang dilanjutkan dengan penyerahan Pataka kepada Ketua DPC PWRI Sumenep, Helman JR.

Ketua DPD PWRI Jatim, Saiful Bachri dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2021 yang sudah resmi dilantik hari ini.

“Semoga dengan pelantikan ini para pengurus DPC PWRI Sumenep bisa bekerja dengan sebaik-baiknya,” ujar Saiful.

Setelah pelantikan, para wartawan yang tergabung dalam PWRI Sumenep diharapkan bisa menjalankan fungsi sosial kontrol dengan baik, sesuai dengan komitmen dan sumpah yang diucapkan.

“DPC PWRI Sumenep harus mengawal kesejahteraan masyarakat Sumenep, dan meningkatkan skill serta kinerja jurnalistik,” tegas Saiful.

Hal yang tak jauh beda juga disampaikan Sekjend DPP PWRI, Zulfikar Taher. Ia meminta pengurus DPC PWRI Sumenep agar memperhatikan tugas pers sebagai kontrol sosial terhadap pemerintah dan masyarakat.

“Pengurus DPC PWRI Sumenep harus menegakkan keadilan dan kejujuran dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik,” pesannya.

Di tempat yang sama, Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Mohammad Fadillah menyampaikan apresiasi dan selamat atas dilantiknya Pengurus DPC PWRI Sumenep.

“Semoga dengan pelantikan ini nantinya DPC PWRI Sumenep akan banyak berkontribusi nyata pada pengembangan insan pers di Sumenep,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PWRI Sumenep, Helman JR, mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk membangun kerja sama dan bersinergi dengan Pemkab Sumenep dalam menakhodai organisasi wartawan tersebut.

“Kita semua di PWRI Sumenep masih muda-muda dan ada yang pemula. Tetapi kami yakin bisa menjadi sosial kontrol bagi masyarakat dan pemerintah,” tegas Helman.

Selain pelantikan, acara hari ini juga diisi dengan diskusi publik bertema ‘Mempertegas Implementasi Undang-Undang Perlindungan Anak di Kabupaten Sumenep’.

Sesi diskusi diikuti ratusan peserta tingkat pelajar SMA Kabupaten Sumenep yang juga menyaksikan pelantikan, dan mengahdirkan sejumlah pamateri dari jajaran Forkompimda dan OPD terkait, serta pembanding yang terdiri dari aktivis NGO dan Advokat.

Sebagai undangan pelantikan adalah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sumenep, OKP dan asosiasi wartawan di Kabupaten Sumenep.

Berikut Daftar Susunan Pengurus DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2021 sesuai lampiran SK:

DEWAN PEMBINA
Ketua: Syamsuri
Anggota: Badrul, M.Pd.

DEWAN PIMPINAN CABANG:
Ketua: Helman JR
Wakil Ketua: Rokib

Sekretaris: Rusydiyono

Bendahara: Miftahol Hendra Efendi

BIDANG-BIDANG:
1. Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi
Ketua: Abd Mu’ied

2. Bidang Pendidikan dan Pelatihan Profesi
Ketua: M. Ridwan Sutarjo, SS
Anggota: Rafiqi

3. Bidang Pengawasan Etika Profesi Wartawan
Ketua: Misrawi

4. Bidang Ekonomi Kerakyatan
Ketua: Sudarsono
Anggota: Suwandi

5. Bidang Investigasi, Advokasi Hukum dan HAM
Ketua: Rudi Hartono

6. Bidang Pengkajian dan Pengembangan
Ketua: Aminulla
Anggota: Sudarsono

7. Bidang Hubungan Antar Lembaga
Ketua: Subaidi Iksan
Anggota: Muhammad Khozen