Pengunjung Museum Keraton Sumenep Sepi di Bulan Puasa

oleh

Penulis : Nt
Editor   : Red

SUMENEP , sorotpublik.com

Kawasan wisata museum keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, nampaknya tidak menjadi jujukan para wisatawan di bulan puasa ini. Terbukti, selama bulan suci ramadhan 1437 Hijriyah, pengunjung wisata museum Keraton Sumenep terlihat sepi.

“Para pengunjung hanya satu dua orang bahkan paling banyak sehari hanya 10 orang saja,” terang Moh Erfandi, Kepala UPT Museum Keraton Sumenep, Senin (13/6/2016).

Ia menuturkan, sepinya pengunjung dibulan puasa ini memang terjadi setiap tahun. “Ketika bulan puasa, pengunjung museum keraton sepi,” tuturnya.

Bahkan jika dipersentasikan dengan pengunjung pada bulan di luar bulan puasa hanya 1 persen saja.

“Kalau di luar bulan Ramadhan pengunjung bisa ratusan hingga ribuan orang, tapi di bulan puasa ini hanya satu dua orang saja, bahkan kadang tidak ada pengunjung sama sekali dalam sehari,” paparnya.

Ia mengakui, menurunnya pengunjung museum karena di bulan Ramadhan, dikarenakan masyarakat muslim lebih banyak melaksanakan kegiatan ibadah keagamaan. Walaupun ada orang yang berkunjung biasanya hanya para pelajar dan mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas sekolah maupun kuliahnya.

“Meski sekarang masa liburan sekolah, tapi kan bertepatan dengan bulan puasa. Ya mereka tidak akan jalan-jalan melainkan dirumah saja menghabiskan waktu berpuasa,” pungkasnya.