Pemkab Sumenep Resmikan Operasional Pasar Anum Baru Semi Modern

0
225

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Pedagang pasar anum  terdampak peristiwa kebakaran tahun 2007 lalu bisa bernafas lega. Pasalnya Senin hari ini 31 Oktober 2016 Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur secara simbolis sudah meresmikan operasional pasar yang dikemas menjadi pasar semi modern.

Didik untung samsidi Kepala DPPKA Sumenep  mengatakan, peresmian Pasar Anum Baru yang bertempat di Block A sengaja dibarengkan dengan peringatan puncak hari Jadi Sumenep Ke-747.

“Peresmian pasar anum baru di Blok A ini penuh dinamika dan hari ini dapat diresmikan sebagai pasar yang refresentatif,” Paparnya.

Dikatakan Didik, dasar pelaksanaan pembangunan pasar adalah perjanjian antara Pemkab dengan PT. Mitra Abadi Jaya Enginering.

“Kontruksi bangunannya dari  baja, dengan luas 4 ribu meter persegi, konidisinya sekarang mencapai sudah seratus persen. Hanya ada beberapa paving yang masih belum terpasang,” Tukasnya.

Bangunan di lantai l lajut Didik, terdapat 236 toko dan stand, lantai II ada 241 toko, stand dan kios. Jumlah total sebanyak 477.

“Untuk pedagang terdampak kebakaran ditempatkan dilantai I. Lantai II untuk masyakat yang berminat berjualan untuk menjadi pedagang,” Kata Didik menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Busyro Karim mengatakan, pasca 2007 lalu peristiwa kebakaran pasar ini telah lama ditunggu oleh pedagang dan masyarakat.

“Pelaksanaannya kerap bermasalah, dan pembangunannya dihentikan sementara waktu, sehingga penyelesaiannya cukup lama. Selanjutnya pelaksanaannya dipihak ketigakan dan jadilah pasar yang seperti ini sekarang,” Tukasnya.

Ditambahkan Bupati, Pasar anum akan menjadi jantung perekonomian masyarakat sumenep, dan juga diharapkan bisa mendongkrak PAD sumenep lebih baik lagi.

Untuk itu Bupati berpesan agar pasar anum semi modern ini dikelola secara profesional dan akan baik bila dikelola oleh swasta.

“pasar semi modern kalau masuk itu nyaman karena didalam pasar tertata dengan rapi,” pungkasnya.

Untuk itu pemkab sangat berterimakasih kepada PT. Mitar Abadi Jaya, PT. Trisna Karya dan juga BPRS, berkat kerjasama semua pihak Pasar Anum Semi modern bisa diresmikan.

LEAVE A REPLY