Pembangunan Enam IPAL di Puskesmas Akan Rampung Tahun Ini

0
298

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Dalam waktu dekat, sebanyak enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sumenep,Madura,Jawa Timur akan segera memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) medis.

Enam Puskesmas tersebut di antaranya, Puskesmas Sapeken, Puskesmas Gayam, Pasongsongan,Ambunten, Guluk-Guluk, Dasuk, Saronggi, dan Puskesmas Batu putih.

Dr. Ahmad Fathoni, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, menyatakan, bahwa saat ini semua peralatan IPAL tersebut sudah siap, tinggal pembangunan fisik yang akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Puskesmas.

“ kami di dinkes sudah siap, untuk pembangunan enam IPAL itu, hanya menunggu waktu yang tepat,’’  Katanya, Sabtu (3/9/16).

Menurutnya, pekerjaan pembuatan IPAL tersebut akan dilelang, karena anggaran untuk masing-masing IPAL di atas Rp 200 juta. Namun demikian, pengajuan lelang belum diajukan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) akibat masih dalam tahap perencanaan.

“ besar anggaran pembuatan IPAL dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3Milyar,” Ujarnya.

Ditambahkan Fathoni, keberadaan IPAL sangat dibutuhkan di masing-masing Puskesmas.Sebab, limbah medis dipastikan ada sebagai konsekuensi pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“ bila limbah tersebut dibuang sembarangan, maka akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Bahkan juga akan mendatangkan penyakit baru bagi warga  Puskesmas dan sekitarnya,” Tambahnya.

LEAVE A REPLY