Peduli Pendidikan, Sejumlah Warga Dirikan Ponpes Kampung Sumber Candi Sukma Elang

oleh -143 views

JEMBER, SOROTPUBLIK.COM – Sejumlah warga Jember mendirikan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Al-Bayyinah di Kampung Sumber Candi Sukma Elang, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Jumat 08 Agustus 2020.

Edi Santoso, salah satu pendiri lembaga tersebut mengatakan, bahwa anak-anak di Desa Panduman sangat minus pendidikan, bahkan belum terjamah jenjang Pendidikan Menengah Pertama (SMP).

“Akses untuk menempuh pendidikan SMP sangatlah jauh dari pemukiman warga yang masih menuntut untuk turun gunung dengan menempuh waktu hingga satu jam lamanya untuk sampai di lokasi,” terangnya, Selasa (11/08/2020).

Ia menambahkan, warga kampung Sumber Candi mayoritas masyarakat degradasi ekonomi. Mengingat hal itu sistem pedidikan dengan prosedur yang tidak menuntut peserta didik untuk berbusana dengan baik seperti sekolah pada umumnya.

“Tidak perlu baju seragam mengingat lingukungan terpencil seperti ini yang mayoritas masih ekonomi menengah kebawah,” imbuh Edi Santoso.

Sementara, Hartadi yang juga merupakan penggerak pendirian lembaga tersebut menerangkan, kurikulum dan pembelajaran yang akan diejawantahkan dalam kegiatan belajar mengajar terdapat basic entrepreneur, guna memupuk pengetahuan terkait kewirausahaan dan ingin dijadikan salah satu ikon pendidikan santri preneur di Jember.

Penulis: A. Firdaus
Editor: Heri