Ngabuburit Yang Unik di Pamekasan

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COMBanyak cara yang dilakukan oleh Anak-anak maupun orang dewasa di bulan suci ramadhan untuk mengisi waktu berbuka puasa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Seperti halnya yang dilakukan oleh Anak-anak di Dusun Kwanyar, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu.

Mereka, disetiap sore hari pada bulan suci ramadhan kali ini hampir semua anak-anak di Dusun setempat lebih memanfaatkan waktunya untuk bermain layangan. Menurutnya, cara itu sangatlah membantu mereka untuk menghabiskan waktunya pada saat menunggu beduk buka puasa tiba.

“Bermain layangan bagi kami sangatlah menyenangkan sekali jika dilakukan di sore hari saat menunggu waktu beduk buka puasa tiba. Sebab, dengan bermain layangan, tampa terasa waktu yang tersisa bisa cepat berlalu saat menungga waktu beduk magrib tiba,” Terang Wedi, Pecinta Layangan, Minggu (04/06).

Layangan yang di jadikan sarana menunggu waktu beduk buka puasa tiba oleh anak-anak di Dusun setempat, beraneka macam jenisnya. Mulai dari jenis yang biasa dengan ukuran kecil, hingga ukuran yang besar.

Yang lebih menarik lagi, keunikan bentuk layangan yang dimainkan oleh anak-anak setempat, rata-rata banyak yang dihiasi dengan lampu kerlap kerlip.

Layangan yang dipenuhi lampu kerlap kerlip tersebut, di biarkan tetap melayang hingga malam hari. Sehingga saat di udara, layangan yang dihiasi lampu kerlap kerlip tersebut menghiasi suasana di malam hari.