Minim Transportasi, Mobil mewah Pemudik Diangkut Pakai Perahu Kayu

0
334

Penulis : Doess
Editor   : Red
SUMENEP , sorotpublik.com

Persoalan Transportasi Ke Kepulauan Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga kini masih menjadi dilema. Bahkan setiap tahun ketika musim mudik dan balik lebaran menjadi boomerang tersendiri bagi warga kepulauan.

Akibatnya banyak cara yang dilakukan warga untuk segera sampai ke kampung halamannya, meskipun sebenarnya keselamatan jiwanya dan maut mengancam di depan mata.

Salah satunya adalah seperti pemandangan yang terlihat sekarang ini. Seorang warga Kepulauan Kangean yang pulang dari perantauan, dan hendak merayakan lebaran bersama keluarga dan sanak famili dikampung halamannya, bersama mobil mewahnya, berangkat dari Pelabuhan Kalianget, nekat ikut naik perahu kayu untuk sampai ke tanah kelahirannya.

Seorang Warga asal Desa Kolo-kolo, Pulau Kangean, Sumenep, Abd Rasyid, menuturkan, naik perahu rakyat seperti ini merupakan solusi alternatif yang harus dijalani, karena kapal yang disediakan pemerintah tidak bisa menampung keinginan penuh dari masyarakat Kepulauan.

” Jika harus menunggu dan ikut kapal perintis dirasa sangat tidak memungkinkan, karena urusannya ribet, dan kerap tidak kebagian tiket kapal, apalagi saat ini cuaca sedikit tidak bagus dan cenderung ekstrem” papar Rasyid. Jum’at, 17/06/2016.

Abd Rasyid, yang bekerja di Negeri Jiran Malayasia ini menjelaskan, pilihan naik perahu rakyat beserta mobil mewahnya ini tergolong sangat eksrem.

“Akan tetapi, sekali lagi ini dilakukan karena transportasi ke kepulauan memang tidak memadahi dan keberadaannya masih sangat minim.”

Kami tidak mau muluk-muluk lagi karena sudah capek dengan janji palsu yang selalu pemerintah sampaikan.

“Sebab, sudah puluhan tahun keinginan warga kepulauan ingin memilik transportasi yang sangat layak dari pemerintah,nyatanya sampai saat ini wujudnya tetap tidak jelas.”Tegas Rasyid dengan nada kecewa.

LEAVE A REPLY