Masyarakat Situbondo Keluhkan Pelayanan Dispendukcapil

oleh
Masyarakat Situbondo saat antre di Dispendukcapil

Penulis: Hafidz/Aka

SITUBONDO, SOROTPUBLIK.COM – Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akhir-akhir ini mendapatkan keluhan masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan di Kabupaten setempat.

Pasalnya, keluhan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Kabupaten Situbondo itu diantaranya, antrean yang terlalu panjang dan tidak beraturan, serta pemberian nomer antrian yang cepat habis ketika mereka datang ke kantor Dispendukcapil.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, dirinya sudah ketiga kalinya mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Situbondo, namun anehnya Ia tidak mendapatkan nomer antrean walau dirinya sudah datang di pagi buta.

“Saya disini mulai dari pukul 05.00 WIB pagi tadi, namun saya belum mendapatkan nomer antrean,” ungkapnya, Kamis (12/07/2018).

Hal berdeda di paparkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo, bahwa pihaknya mampu melayani masyarakat setempat hanya 200 orang perharinya.

“Kemampuan setiap harinya kami melayani 200 orang,” tutur Ir. Mohammad Sifa, saat ditemui diruangkerjanya.

Berdasarkan pantauan jurnalis sorotpublik.com, banyak masyarakat Situbondo untuk mengurus dokumen kependudukannya, namun berdasarkan informasi yang di himpun, habisnya nomer antrea di Dispendukcapil Situbondo diduga ada oknum yang menjual belikan.