Massa ARAOP Demo KPUD Pamekasan

oleh

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COM – Puluhan massa yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Rakyat Oposisi (ARAOP), melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pamekasan.  Mereka menuntut, ketransparansian dalam melakukan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan oleh KPU.

Aksi Demonstran ARAOP ke Kantor KPUD Pamekasan, menuntut transparansi berbagai macam hal dalam melakukan proses pelaksanaan rekrutmen PPK dan PPS oleh KPU tersebut yang ditengarai carut marut. Cholid, salah satu orator aksi menyatakan, bahwa dalam proses rekrutmen yang dilakukan oleh KPU tersebut, dinilai sangat terindikasi banyak dugaan penyimpangan yang melanggar tatatertib KPU.

“Sudah melanggar tata tertip aturan KPUD Kab. Pamekasan, mengapa demikian, karena kami sudah memiliki bukti-bukti,” tutur Cholid, Orator Aksi ARAOP, Kamis (23/11).

Salah satu bukti temuan penyimpangan yang melanggar tatatertib KPU itu, yakni terdapat salah satu peserta PPK yang saat ini sudah berada di luar Negeri menjadi TKW namun tetap terdaftar. Ada pula bukti temuan lain yakni seorang peserta yang terdaftar itu adalah sebagai salah satu anggota Partai. Selain itu, ada pula peserta yang sudah menyatakan memundurkan diri namun masih mendapatkan undangan kembali dari KPUD Pamekasan.

“Yang dilakukan oleh KPUD Pamekasan ini kan sangat lucu sekali, toh itu peserta sudah memundurkan diri, namun masih tetap mendapatkan undangan lagi, jelas-jelas itu melanggar tatatertip yang ada. Untuk itu dalam hal ini KPUD kami tuntut untuk bertanggung jawab,” tandasnya dengan nada tegas.

Aksi para demonstran ARAOP di Kantor KPUD Pamekasan ini, berlangsung cukup alot dan lama. Para demonstran itu memilih tetap berorasi saling bergantian menyampaikan aspirasi dan segala tuntutannya selama sekitar 2 jam lantaran belum bisa ditemui langsung oleh Ketua KPUD Pamekasan yang sedang ada agenda keluar Kantor untuk melakukan pelantikan peserta PPS. Massa Aksi kemudian mereda, setelah Ketua KPUD datang  menemuinya sepulang dari agenda melakukan pelantikan PPS.

Moh. Hamzah, Ketua KPUD Pamekasan saat menemui massa ARAOP yang melakukan aksi demo itu mengatakan, bahwa pihaknya segera menyikapi serta akan melakukan tindakan tegas jika memang temuan itu terbukti ada.

“Apa yang telah disampaikan oleh massa ARAOP tentang temuan penyimpangan dan pelanggaran itu akan segera kami tindak lanjuti dengan cara melakukan kroscek data-data kami. Dan tentunya kami juga akan melakukan tindakan tegas jika memang itu temuan terbukti ada,” tegas Moh. Hamzah.