Masjid Yang Slalu Ramai Dari Jemaah di Bulan Ramadhan

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMMasjid Jamik Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi objek bagi masyarakat khususnya kaum muslimin di Kota dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu sekaligus beribadah selama bulan suci ramadhan.

Mulai mengikuti siraman rohani yang memang rutin diselenggarakan Takmir Masjid, tak sedikit kaum muslim dan muslimat memilih Masjid Jamik sebagai tempat shalat berjamaah, ikhtikaf, tadarus, dan khatmul Qur’an.

Suasananya yang sejuk dengan semilir angin dingin yang dirasakan saat berada di dalam Masjid Jamik, membuat jemaah dan masyarakat nyaman dan betah untuk berlama-lama di Madjid di Jantung Kota, depan Alun-Alun Kabupaten Sumenep untuk sekedar istirahat, iktikaf dan melaksanakan ubudiyah di bulan puasa.

Tak hanya masyarakat umum atau jemaah masjid di Kota dan sekitarnya, Masjid Jamik juga menjadi transit bagi warga di luar kota untuk istirahat, shalat, dan berbuka di Masjid sebelum kembali melanjutkan kegiatan belanjanya untuk persiapan lebaran.

Ketua Takmir Masjid Djamik Kabupaten Sumenep, Husein Satriawan menyatakan, selama bulan Puasa, Takmir Masjid Jamik rutin melaksanakan Takjil Kultur Gratis setiap bulan ramadhan yang diperuntukkan jemaah dan masyarakat umum berbuka di Masjid.

“Setiap harinya, bisa mencapai 300 hingga 400 paket takjil kultur yang disiapkan Takmir,” katanya, Minggu (11/06).

Menurutnya, setiap bulan Suci Ramadhan, Masjid Jamik nyaris tak pernah sepi dari jemaah untuk melaksanakan amalan shalihah.

Banyak kegiatan keagamaan yang diselenggarakan Takmir Masjid Jamik Kabupaten Sumenep di bulan penuh berkah dan ampunan ini.

“Diantaranya Kuliah Ashar, Tahlil dan Yasinan sambil menunggu buka Puasa, dan Tadarus hingga larut malam,” tukasnya.