Makam Ulama’ Yang Masih di Sakralkan

oleh

Penulis : Heri

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM Makam Ulama’ yang berada di Dusun Dejeh, Desa Jelbudan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga kini masih di sakralkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat di beberapa Desa yang berada di ujung timur pulau Madura itu.

Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat melakukan bersih-bersih dan melakukan persiapan saat akan diadakannya haul “Bujuk Korseh” yang akan di selenggarakan pada malam Senin 18/03/2018. Bukan hanya itu, sebagian masyarakat juga ada yang menghatamkan Al-qur’an.

Yus, warga sekitar menuturkan, kegiatan persiapan saat akan diadakannya haul “Bujuk Korseh” sebagai bentuk keperdulian terhadap jasa-jasa Ulama’ yang di kebumikan di kawasan pemakaman “Bujuk Korseh” itu.

“Kegiatan ini dilakukan setiap tahun untuk menghormati jasa-jasa Ulama’ yang di kebumikan di kawasan pemakaman “Bujuk Korseh” ini,” tuturnya, Sabtu (17/03/2018).

Ia berharap, generasi muda yang saat ini hanya mementingkan urusan pribadinya bisa melestarikan kegiatan haul “Bujuk Korseh” tersebut, guna menghormati para Ulama’ yang telah mengajari tentang agama.

“Semoga generasi muda yang sekarang ini bisa melanjutkan apa yang sudah menjadi tradisi, guna menghormati para Ulama’,” pungkasnya.