KSOP Kalianget Hentikan Pelayaran Menujuju Tiga Kepulauan

0
225

Penulis : Doess

Sumenep, SOROTPUBLIK.COM – Cuaca buruk yang terjadi dan melanda perairan Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, menyebabkan, aktivitas pelayaran menuju tiga kepulauan yakni, Pulau Kangean, Sapeken, dan Masalembu dihentikan sementara. Penghentian itu mulai hari Rabu kemarin sampai Jum’at 26 Januari 2018 hari ini. Pantauan dilokasi, sejumlah kapal yang biasa melayani tiga rute itu bersandar di Pelabuhan Kalianget.

Ferry Agus Satrio, Kepala Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, menyatakan, pelayaran tiga rute tersebut untuk sementara ditunda hingga cuaca membaik. Sementara untuk rute Jangkar-Raas masih bisa beraktivitas karena tidak terlihat dalam grafik perkiraan cuaca.

“Dihentikan sementara dan akan kembali dibuka ketika cuaca laut menuju tiga kepulauan itu benar-benar normal,’’ paparnya, Jum at (26/01/2018).

Ferry menjelaskan, aktivitas pelayaran mulai dihentikan sejak tanggal 23 januari 2018 kemarin. Semua operator kapal dipanggil untuk diberi imbauan agar tidak berlayar dulu selama kondisi cuaca belum kondusif.

Cuaca buruk ini masih akan berlangsung beberapa hari kedepan. Berdasarkan perkiraan cuaca, ketinggian gelombang mencapai 2 hingga 3 meter. Kondisi angin yang berubah-ubah mempengaruhi pada tinggi gelombang saat ini.

“Sementara Sesuai perkiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca akan kembali membaik pada tanggal 28 Januari 2018 tepatnya hari Minggu, namun itu hanya perkiraan,’’ pungkasnya.

LEAVE A REPLY