Keracunan, Puluhan Karyawan PT PMMP Situbondo Dilarikan ke Rumah Sakit

oleh
Salah satu korban keracunan di PT PMMP Situbondo sedang mendapatkan perawatan dari petugas medis RSUD Situbondo. (Foto: Ainur/SorotPublik)

Penulis: Ainur/Kiki

SITUBONDO, SOROTPUBLIK.COM – Sekitar 36 karyawan PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) yang berlokasi di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi lemas. Hal itu terjadi lantaran mereka menghirup oksigen yang terkontaminasi zat kimia klorin, sehingga menyebabkan keracunan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, korban yang keseluruhan adalah perempuan, kemudian mendapat pertolongan medis yang tersebar di 3 rumah sakit. Rinciannya, 21 korban dirawat di RSUD Situbondo, 12 korban dibawa ke RS Elizabet, dan 3 korban dilarikan ke RS Mitra Sehat Situbondo.

Niwati, salah satu korban, menerangkan insiden itu terjadi setelah sejumlah karyawan beberapa lama menghirup udara di ruangan tempat kerja. Sebagian dari mereka tiba-tiba ada yang mual-mual, bahkan terdapat beberapa korban yang pingsan.

“Termasuk yang saya rasakan, mual-mual, sesak nafas dan pusing, sehingga badan saya menjadi lemas,” terang Niwati, Rabu (05/12/2018).

Saat ini, para korban itu sudah mendapatkan perawatan medis. Namun, sejumlah korban ada yang harus rawat inap. Sedangkan sebagian lagi sudah bisa pulang (rawat jalan).

“Memang pada saat baru pertama masuk rumah sakit, korban langsung dilarikan ke ruang UGD. Namun, alhamdulillah sebagian kondisi korban saat ini sudah kembali pulih,” kata Halim, Kepala Ruangan Wijaya Kusuma RSUD Situbondo.