Kepala Desa Se-Kecamatan Cigombong Ikuti Musrenbang Tingkat Kecamatan, Ini yang Dibahas

oleh
Kepala Desa Se-Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor saat mengikuti Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2019. (Foto: Engkus/SorotPublik)
loading...

Penulis: Engkus/Kiki

BOGOR, SOROTPUBLIK.COM – Pemerintah Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di aula kantor kecamatan setempat.

Musrenbang tersebut diikuti oleh para kepala desa Se-Kecamatan Cigombong pada Kamis (31/01/2019).

Loading...

Camat Cigombong, Basrowi menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan forum tertinggi dalam rangka menyepakati rencana kerja pembangunan dengan mengacu kepada RPJM Desa. Pelaksanaannya secara rutin dilakukan setiap tahun sekali di tingkat masing-masing.

“Musrenbang dilaksanakan di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten dengan tujuan untuk menampung aspirasi kebutuhan masyarakat dan desa,” terangnya, Kamis (31/01/2019).

Di hadapan tamu undangan dan seluruh kepala desa, Camat Basrowi mengatakan bahwa Musrenbang saat ini sangat erat kaitannya dengan Program Panca Karsa Bupati Bogor. Yaitu Bogor Membangun, Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Maju dan Bogor Berkeadaban.

“Dengan Bogor Maju akan membangun fasilitas-fasiltas, sedangkan Bogor Membangun lebih mengutamakan pada kegiatan di desa-desa,” ungkapnya.

Di sisi lain, Musrenbang kali ini juga membahas sejumlah kegiatan Safari Pembangunan 2019 dan dipersiapkan untuk tahun 2020. Terkait hal itu, pengajuan setiap desa, kata Camat Basrowi, sudah dilaksanakan.

“Bahkan pihak Pemerintah Kecamatan sudah memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan desa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Camat Basrowi menjelaskan bahwa program Panca Karsa sendiri lebih menitikberatkan pada kebutuhan masyarakat yang ada di desa. Dengan kata lain, program tersebut adalah membangun dari desa.

“Program Panca Karsa di antaranya berhubungan dengan desa. Mulai dari kebutuhan sarana ibadah, pendidikan atau berkaitan dengan desa,” pungkasnya.