Kapolda Jatim Minta Polisi Dekat dengan Ulama, Ini Alasannya

oleh
Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si. saat diwawancara awak media di Mapolres Sumenep. (Foto: Ismi/SorotPublik)

Penulis: Ismi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Suasana apel pagi di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Sumenep, Madura, Jawa Timur pagi tadi agak berbeda. Pasalnya, apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si. yang baru pertama kali ke Sumenep.

“Saya datang Ke Sumenep baru pertama kali dan memang sengaja saya prioritaskan ingin melihat kesiapsiagaan Polres Sumenep,” ujarnya, Senin (29/10/2018).

Selanjutnya, Kapolda meminta jajarnnya untuk dekat dengan ulama dan tokoh-tokoh sekitar. Sebab di tahun politik ini, kata dia, banyak pihak tertentu yang bisa menggunakan agama sebagai kendaraan demi mencapai tujuan.

“Untuk meminimalisir hal tersebut, saya meminta Kapolres dan jajarannya untuk dekat dengan para kiai dan ulama. Karena di Jawa Timur ini kiai dan ulama masih menjadi panutan masyarakat,” jelas Kapolda.

Sebagaimana diketahui bersama, saat ini ada pihak-pihak yang sengaja mengusik persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hal itu, kata Kapolda, dilakukan melalui fitnah dan berita palsu (hoax) yang menyebar di media sosial.

“Di Madura ini, saya tidak hanya mau datang ke empat Polres, tapi juga ke sejumlah pondok pesantren yang ada di empat kabupaten. Kedekatan dengan ulama harus terus dipererat,” kata Kapolda menjelaskan agendanya.