Kandas, Kapal Pengangkut Batu Bara Rusak Terumbu Karang Gililabak

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Sebuah kapal tunda dengan nomor lambung TK. BG. MDM 4 yang mengangkut batu bara kandas di Perairan Pulau Gililabak, Kabupaten Sumenep. Akibatnya para wisatawan yang menyelam di sekitar pulau tersebut merasa terganggu.

“saya kira kapal tersebut cuma mau singgah, namun ternyata rusak dan sejak kemarin posisinya miring,” Kata Maisur salah seorang wisatawan Pulau Gililabak Rabu (2/11/16).
Selama ini Pulau Gililabak sudah ramai dikunjungi wisatawan, seharusnya perairan tersebut bebas dari lintasan kapal besar, sebab jika kandas diperairan tersebut, maka akan merusakan keindahan terumbu karang yang memang menjadi andalan Pulau Gililabak.

Sementara itu, Kepala Desa Kombang, Kholik, membenarkan terdamparnya kapal tersebut, kapal itu posisinya sudah miring meskipun tidak sampai tenggelam. Pihaknya mengaku segera berkoordinasi dengan sejumlah pihak, agar Kapal yang dinahkodai ‘Moses Mantiri’ dengan 11 anak buah kapal itu bisa segera diatasi.

“informasinya kapal tersebut berangkat dari Balik Papan tujuan Probolinggo.  Kalau para ABK selamat dan tetap berada di atas Kapal,” Kata Kholiq menjelaskan.

seperti diketahui, Pulau Gililabak yang terletak di sebelah timur Pulau Poteran belakangan ini diserbu ratusan wisatawan, selain memiliki hamparan pasir putih, terumbu karangnya juga sangat indah. Wisatawan banyak yang tertarik karena pulau tersebut masih sangat alami.