Kabid PSMP, Harap Laksanakan UN Berbasis Komputer

oleh

Penulis : Nikkris/Brewok

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan siswa yang cerdas sebagai persiapan masa depan, dinas pendidikan melalui Kabid PSMP di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan sosialisasi mengenai pengembangan Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar sesuai dengan peraturan bupati (Perbup).

Menurut Moh. Ihsan, sosialisasi tersebut dilakukan, selain utnuk saling mengenal juga sebagai pengenalan program kepada kepala sekolah khususnya sekolah SMP yang ada dikabupaten Sumenep. Sehingga nantinya antara dinas pendidikan gampang melakukan komunikasi dengan sekolah.

“Selain untuk taaruf kami juga menyampaikan program program termasuk diantaranya,  adalah program- program dari seksi peserta didik  dan kurikulum,” Ujar Moh. Ihsan, Kamis (19/1).

Isi dari program tersebut, bagaimana caranya sekolah harus mampu melakukan ujian nasional yang berbasis komputer, tidak seperti sebelumnya ujian nasional dikerjakan secara manual oleh sekolah. Sehingga output dari sekolah itu nantinya tidak gaptek dan benar-benar siap untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya.

“Untuk tahun ini SMP, harus ada sekolah menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer,” Tambahnya.

Untuk menindak lanjuti semua, dinas pendidikan juga akan menghimpun informasi terhadap lembaga atau sekolah yang memiliki problem dalam hal pengembangan kemajuan sekolahnya masing masing. Bahkan dinas pendidikan berjanji akan turun langsung kelapangan untuk memantau situasi dan kondisi lapangan.

Selanjutnya dinas pendidikan juga siap melakukan pembinaan untuk memperbaiki segala persoalan jika ada yang dinilai kurang benar, dengan tujuan untuk merubah dari yang dianggap keliru menjadi hal yang benar menurut petunjuk teknis (juknis) dan undang undang.

Dengan ini dinas pendidikan berharap agar semua pihak bisa mendukung dan dapat bekerja sama dengan guna untuk memajukan dunia pendidikan yang ada di kabupaten Sumenep.

“Kita bisa bekerja sama dengan baik, baik dengan kepala sekolah, pengawas mapun semua seksi, juga semua pihak yang lain,” Harapnya.