Jelang Tahun Baru Imlek, Polres Sumenep Sterilisasi Klenteng

oleh -292 views
Kapolres Sumenep saat meminta izin melakukan seterilisasi Klenteng
Kapolres Sumenep saat meminta izin melakukan seterilisasi Klenteng (Foto: Hairul/SOROTPUBLIK)

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Jelang perayaan tahun baru imlek, Polres Kabupaten Sumenep sterilisasi Klenteng Pao Sian Lin Kong yang berlokasi di Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kapolres Sumenep mengungkapkan, pengamanan memang selalu dilakukan tiap ada hari-hari besar, utamanya yang berkaitan dengan keagamaan.

“Seterilisasi dan pengamanan ini untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi para jemah Klenteng Pao Sian Lin Kong jelang tahun baru imlek,” tutur AKBP Deddy Supriyadi, Rabu (22/01/2020).

Berdasarkan pantauan jurnalis sorotpublik.com di lokasi, sejumlah anggota polisi khusus dipimpin Kapolres Sumenep langsung bergegas untuk lakukan sterilisasi di tempat peribadatan masyarakat tionghoa.

Sterilisasi yang dilakukan tim khusu dari kepolisian itu terlihat melakukan penyisiran dan memeriksa setiap sudut ruangan menggunakan alat diteksi. selain di altar utama, polisi juga melakukan seterilisasi ke setiap ruangan untuk memastikan Klenteng benar-benar aman dari benda berbahaya.

Pengurus Klenteng Pao Sian Lin Kong Seno, mengaku senang dengan adanya bantuan dari kepolisian, sehingga nantinya bisa lebih khusuh dalam beribadah saat imlek tiba.

Perlu diketahui bahwa, klenteng satu-satunya di Kabupaten Sumenep, termasuk salah satu simbol toleransi beragama, karena lokasinya yang berdekatan dengan tempat ibadah lainnya, yakni masjid dan gereja.

Penulis: Hairul
Editor: Heri