Jelang Lebaran, Telur Ayam Ras di Pasar Anum Naik

0
243

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMMenjelang Lebaran 1438 Hijriah harga telur ayam ras di Pasar Anom di Kabupaten Sumenep,  Madura Jawa Timur, naik dibanding awal pekan kemarin, dari Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu.

Kabid Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris mengatakan, pekan ini stok dan pasokan telur ayam ras dalam posisi aman dan lancar.

“Kami menduga penyebab harga telur ayam ras itu naik, murni akibat tingginya permintaan,” ucapnya, Sabtu (17/06).

Menurutnya, pada masa menjelang Lebaran, permintaan akan telur ayam ras biasanya meningkat dan selanjutnya pedagang menaikkan harga komoditas tersebut.

“Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga “H-1″ Lebaran dan kemungkinan besar harga telur ayam ras bisa naik lagi,” paparnya.

Berdasarkan hasil pantauan staf Disperindag Sumenep, harga komoditas lainnya yang naik dibanding awal pekan ini adalah cabai merah besar biasa, dari Rp14 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu.

Sedangkan harga komoditas lainnya stabil, di antaranya daging sapi Rp110 ribu, daging ayam kampung Rp70 ribu, telur ayam kampung Rp36 ribu per kilogram, dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Harga beras juga tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah sayur-mayur pun tetap, di antaranya kubis Rp6 ribu per kilogram, tomat Rp7 ribu, wortel Rp15 ribu, dan kentang Rp14 ribu.

Pemantauan harga komoditas yang dilakukan oleh staf Disperindag Sumenep setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding.

LEAVE A REPLY