Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan di Pasar Bangkal Sumenep

0
163

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Untuk memastikan hewan ternak yang akan dijadikan kurban sehat. Tujuh hari menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan (Disnak) turun langsung ke pasar hewan di Pasar Bangkal, Kecamatan Kota melakukan pemantauan dan mengecek kesehatan hewan yang dijual oleh pedagang. Senin (5/9/16).

Dilokasi, petugas dari Disnak yang terdiri dari dokter hewan itu, satu persatu dengan sangat teliti melakukan pengecekan, salah satunya mengecek mulut dan tubuh kambing yang dijual oleh pedagang.

“Kambing yang dijual oleh pedagang di pasar bangkal ini, semuanya layak untuk dijadikan kurban, itu karena setelah di cek tidak ditemukan adanya kambing yang berpenyakit,” Kata Zulfa, Dokter hewan Dinas Peternakan Sumenep.

Menurutnya, menjelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya memang rutin melakukan pemantauan dan pengecekan. selain ke pasar hewan, juga mengecek ke sentra penjualan hewan kurban di masyarakat.

“Mengenai kriteria¬† hewan yang layak dijadikan kurban adalah, hewan tersebut sehat, tidak cacat, cukup umur dan tidak sakit mata,” Kata Zulfa menjelaskan.

Sementara itu, Suparman seorang pedagang kambing, menyatakan, baru kali ini Dinas Peternakan mengecek langsung kesehatan hewan di Pasar Bangkal.

” Untuk harga kambing saat menjelang Idul Adha memang mengalami kenaikan, per ekor kambing rata-rata naik Rp 500.000,” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY