Inilah Pesan Khotib Sholat Ied Mesjid Djamik

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMSudah terbiasa terjadi setiap tahunnya, saat ini di Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, ribuan umat Muslim Kabupaten Sumenep mendatangi Masjid Djamik yang merupakan Mesjid tertua di ujung timur Pula Madura.

Karena didalam Masjid sudah penuh saking banyaknya jemaah yang melaksanakan Sholat Idul Fitri hingga meluber ke areal taman bunga dan toko tingkat di sebelah utara Masjid.

Pada pelaksanaan Idul Fitri kali ini bertindak sebagai Imam sholat adalah K.Dasuki Yahya, sedangkan Khotib dibacakan oleh KH. Achmad Fadlan Masykuri, pengasuh Ponpes’ Darur Rahman’ Pangarangan Kota Sumenep.

Dalam Khotbahnya KH. Fadlan Masykuri menyampaikan, hari ini hari kemenangan umat Islam di dunia. Dari kutub timur sampai ke kutub barat semuanya serentak melantunkan takbir dan melaksanakan sholat Ied secara bersamaan.

“Maka di hari kemenangan ini tinggalkan rasa benci dan pertikaian serta permusuhan antara ulama’ dan umaro’ yang akhir-akhir ini sering terjadi di indonesia,” katanya dijelaskan di dalam khutbahnya. Minggu (25/06).

Dilanjutkan dalam khutbahnya, Islam adalah bersaudara dan menjaganya adalah merupakan kewajiban, karena semua mahluk dihadapnnya semuanya sama dan yang membedakannya adalah amal dan perbuatan baik kita semua.

Setiap ada perpecahan atau persengketaan khususnya yang mengancam keutuhan NKRI. “Maka pergunakanlah hati kita dengan bijak lakukanlah musyawarah dan jangan saling adu domba,” timpalnya.

Di akhir penutup khotbahnya KH. Fadlan Masykuri berpesan, Janganlah mau menjadi terjadinya perpecahan yang suka diadu domba.

Sesuai  bunyi hadits, tidak akan masuk sorga orang tukang fitnah dan juga orang yang suka mengadu domba.