Hindari Banjir, Normalisasi dan Rehabilitasi Sungai di Sumenep Dikebut

oleh -464 views
Proses normalisasi dan rehabilitasi saluran pembuangan air di Desa Gunggung
Proses normalisasi dan rehabilitasi saluran pembuangan air di Desa Gunggung (Foto: Hairul/SOROTPUBLIK)

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Sumenep kebut pengerjaan normalisasi dan rehabilitasi sungai di Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air menyampaikan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah preventif menghadapi musim penghujan yang semakin dekat, dan rehabilitasi dikebut agar selesai sesuai jadwal, karena di beberapa daerah sudah turun hujan.

“Kami optimis semua pengerjaan ini akan rampung tanggal 14 Desember nanti” ucap Chainur rasyid, Kamis (05/12/219).

Ia menjelaskan, setidaknya terdapat 3 titik lokasi yang menjadi fokus pengerjaan normalisasi dan rehabilitasi. Yakni di sungai Ptrean 2,6 kilometer, sungai Kalianjuk 1,9 kilometer, dan saluran pembuangan air di Desa Gunggung sepanjang 4 kilometer.

“Program ini dikebut untuk menghindari luapan air saat musim penghujan tiba. Tiga lokasi itu memang puluhan tahun tidak tersentuh program perbaikan dan rehabilitasi,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa, sejumlah sungai dan kali di Kabupaten Sumenep memang sering tidak bisa menahan debit air saat musim penghujan. Selain karena lama tidak tersentuh program perbaikan dan rehabilitasi, luapan air juga dikarenakan kondisi sungai dan kali yang kotor akibat sampah yang menumpuk.

Penulis: Hairul
Editor: Heri