Harga Ikan Laut di Sumenep Naik

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Terhitung mulai hari ini Jum’ at 8 Desember 2017. Harga ikan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengalami kenaikan akibat cuaca buruk beberapa pekan terakhir. Penyebabnya adalah tidak lain karena cuaca buruk dan tingginya gelombang membuat nelayan enggan melaut, sehingga pasokan di tempat penjualan ikan (TPI) turun drastis.

Ahmad Rasyid (37), seorang nelayan Desa Ambunten, Kecamatan Ambunten mengatakan, kalau cuaca sedang buruk, dirinya lebih memilih memperbaiki perahu dari pada melaut.

“Kami memilih berlibur dirumah saja bersama keluarga sambil memperbaiki jaring atau perahu yang rusak,” paparnya, Jum at (08/12).

Kondisi tersebut menyebabkan pasokan ikan turun drastis dan berakibat pada naiknya harga ikan hingga 50 persen. Ikan Cakalan merah yang biasanya dihargai Rp50 ribu per kilogram, kini dijual Rp75 ribu per kilogram.

Sedangkan, ikan pindang yang semula Rp40 ribu per kilogram, naik menjadi Rp60 ribu per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada ikan tenggiri yang saat ini mencapai Rp65 ribu per kilogramnya.

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Kalianget Sumenep memperdiksi, cuaca ekstrem akan terjadi di perairan Jawa Timur hingga satu pekan ke depan. Cuaca buruk khususnya diperairan Semenep.