H-3 Lebaran, Wabup Fauzi Lepas Mudik Gratis ke Kepulauan Kangean

oleh
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat melepas KMP BDS III yang membawa ratusan penumpang mudik gratis ke Kepulauan Kangean. (Foto: Ist/SorotPublik)

Penulis: Mi/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Program mudik gratis yang digagas Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur jelang lebaran Idul Fitri 1440 H mendapat animo besar dari masyarakat kepulauan.

Sebanyak 744 warga kepulauan hari ini, Minggu (02/06/2019) mengikuti mudik gratis via kapal laut dengan rute Kalianget menuju Kangaen.

Loading…

Kapal mudik gratis menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III itu berangkat dari Pelabuhan Kalianget pukul 08.00 WIB dan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

“Semoga program mudik gratis via kapal laut itu bermanfaat bagi warga Kepulauan, agar mengurangi beban biaya pulang ke kampung halamannya untuk berhari Raya Idul Fitri,” ujar Wabup Fauzi.

Selama perjalanan laut menuju Pulau Kangean, ia berharap KMP DBS III tidak ada kendala. Sehingga, ratusan penumpang yang dibawa selamat sampai ke kampung halaman mereka.

“Warga kepulauan mudik tujuannya untuk merayakan lebaran dengan sanak keluarganya di kampung halaman. Semoga selamat sampai tujuan dan bertemu kembali dengan keluarganya,” ucap Wabup Fauzi.

Meskipun kapasitas KMP DBS III untuk mengangkut penumpang, barang serta kendaraan, baik roda dua maupun empat, suami Nia Kurnia itu menjelaskan, untuk program mudik gartis via kapal laut tersebut tidak demikian.

Pihaknya sengaja mengatur agar KMP DBS III tidak mengangkut barang maupun kendaraan, kecuali khusus penumpang dengan membawa barang bawaan sedikit.

“Jadi, tempat yang biasanya sebagai tempat barang dan kendaraan dijadikan tempat penumpang, sehingga mampu mengangkut penumpang sampai 744 orang,” terang Politisi PDI-P itu.