Gelar Takbir Keliling Idul Adha Kali Pertama, Bupati Sumenep Sampaikan Ini

oleh
Takbir Keliling
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat melepas peserta Takbir Keliling dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1440 H. (Foto: Ist/SorotPublik)

Penulis: Heri
Editor: Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Takbir Keliling di malam Hari Raya Idul Adha.

Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim menjelaskan, Takbir Keliling tersebut digelar dengan tujuan untuk lebih menggelorakan takbir di malam hari raya kepada masyarakat.

Loading…

“Dengan semangat Idul Adha 1440 Hijriah dan HUT RI ke-74 kita tingkatkan semangat berkorban, kepedulian dan cinta tanah air,” kata Bupati Busyro ketika sambutan sebelum melepas peserta takbir keliling, Sabtu malam (10/08/2019).

Dalam momentum Idul Kurban saat ini, ia menegaskan kaum muslimin harus bisa mengembangkan nilai-nilai keislaman dalam diri masing-masing. Termasuk kepada keluarga dan lingkungannya.

“Sebagai umat Islam setidaknya kita harus selalu menggelorakan takbir seperti yang terlaksana sekarang,” ucap Bupati Busyro.

Takbir, kata orang nomor satu di Sumenep itu, adalah metode untuk lebih meningkatkan ajaran agama Islam dan menerapkannya sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

“Maka dari itu, kita harus selalu gelorakan takbir di setiap kesempatan. Baik di mushalla ataupun di rumah kepada anak cucu kita,” pesan Bupati Busyro.

Rute Takbir Keliling yang digelar Pemkab Sumenep kali ini dimulai dari Rumah Dinas Bupati Sumenep menuju Jl. Cokro Aminoto, melalui Jl. KH. Mansyur, Jl. Raung Timur, lalu ke Jl. Urip Sumoharja di depan Polres Sumenep.

Dari Polres kemudian menuju Jl. Dr. Cipto depan RSUD dan Kantor Setda Sumenep menuju Jl. Tnunojoyo utara Hotel Utami ke Jl. KH. Moh Hasyim (ke barat Hotel Wijaya), lalu belok kanan ke Jl. Diponegoro dan belok kanan lagi untuk finish di depan Masjid Jamik Sumenep.

Selain Bupati Sumenep Busyro Karim, hadir dalam pelepasan Takbir Keliling tersebut Sekda Edy Rasiyadi, Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma, Kapolres Sumenep, Dandim Sumenep, dan segenap pimpinan OPD, Tokoh Agama, serta Tokoh Masyarakat.