Gelar Seminar Bangun Desa Melalui BUMDes di Majalengka, Ini Harapan Pemerintah

oleh
Ketua BUMDes se-Kabupaten Majalengka Ikuti Seminar Terbuka, Senin (11/02/2019). (Foto: Sigit/SorotPublik)

Penulis: Sigit/Kiki

MAJALENGKA, SOROTPUBLIK.COM – Seminar terbuka bertema “Gerakan Masyarakat Membangun Desa Melalui BUMDes” oleh Staf Kepresidenan dibuka Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana, Senin (11/02/2019).

Dalam seminar di salah satu hotel Kabupaten Majalengka tersebut, Tarsono mengatakan, desa mandiri bisa terwujud manakala seluruh potensinya bisa dikelola dengan maksimal dan menghasilkan fiskal bagi desa. Sehingga, keuangan desa menjadi kuat dan secara mandiri mampu membiayai pembangunan desanya.

Loading…

“Artinya pemerintah desa tidak lagi tergantung dan mengandalkan bantuan dari pemerintah diatasnya,” ujarnya, Senin (11/02/2019)

Menurut Tarsono, salah satu instrumen yang diperlukan dalam pengembangan potensi desa adalah adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Harapannya, keberadaan BUMDes menjadi lembaga yang mempunyai kemampuan menggali potensi desa dan menambah nilai potensi desa tersebut.

“Dengan hadirnya BUMDes diharapkan mampu menumbuhkembangkan usaha masyarakat atau menjadi mitra usaha masyarakat dan tidak sebaliknya mematikan usaha masyarakat yang sudah ada,” ungkap Wabup Majalengka.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut, yaitu Eko Sulistyo, Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik dan Deseminasi informasi. Sedangkan peserta seminar adalah para Ketua BUMDes terpilih se-Kabupaten Majalengka.

Loading...