GAKI Usul Pemkab Sumenep Bentuk Tim Independen Sensus Pendidikan

0
246

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.com – Amburadulnya persoalan pendidikan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendapat perhatian serius dari Gugus Anti Korupsi Indonesia (Gaki) setempat. Untuk itu, GAKI mengusulkan agar dibentuk tim independen sensus pendidikan.

Ahmad Farid, Ketua GAKI Sumenep, mengatakan, sensus ekonomi, sensus penduduk, sensus hewan ternak, semua sudah lengkap dan ada di Sumenep. Hanya sensus pendidikan yang masih belum ada.

”Keberadaaan sensus pendidikan ini sangat penting. Sehingga, akan diketahui realitas pendidikan di bawah, dan akan mengurangi dugaan adanya manipulasi data siswa maupun lembaga fiktif,” Paparnya. Selasa (8/11/16).

Dikatakan Farid, sensus pendidikan ini, meliputi siswa, guru, lembaga, mulai dari tingkat TK hingga SMA dan sederajat. Jika selama ini diduga banyak mark-up data siswa, guru dan bahkan lembaga pendidikan fiktif, maka dengan sensus pendidikan akan mengurangi dugaan tersebut.

“Tim sensus pendidikan harus dibentuk oleh Bupati Sumenep dengan Dinas Pendidikan maupun Kemenag Sumenep. tidak boleh melibatkan PNS, harus benar-benar tim independen yang melibatkan personel dari setiap kecamatan bahkan desa,” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY