Festival Kupatan di Pantai Slopeng Tarik Ribuan Pengunjung

oleh
Kemeriahan Festival Kupatan 2019 di Pantai Slopeng Kecamatan Dasuk, Sumenep. (Foto: Hairul/SorotPublik)

Penulis: Hairul/Kiki

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Pelaksanaan Festival Kupatan 2019 tahun ini dilaksanakan di tempat wisata alam Pantai Slopeng Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Festival yang merupakan bagian dari rangkaian Visit Sumenep tersebut sukses menyedot ribuan pengunjung.

Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim dalam sambutannya mengatakan, Festival Kupatan diadakan untuk memeriahkan tradisi Tellasan Topa’ atau Hari Raya Ketupat yang dirayakan tiap tanggal 8 Syawal.

Loading…

“Tellasan Topa’ atau kupatan merupakan salah satu cara muslim Madura, khususnya Sumenep untuk menambah waktu untuk bersilaturahim setelah Idul Fitri,” ungkap Busyro, Rabu (12/06/2019).

Meskipun tiket masuk mengalami kenaikan, acara tersebut berhasil meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke wisata Pantai Slopeng yang terkenal dengan keindahan gugusan gunung pasir di sepanjang pantainya.

“Meski hanya wisatawan lokal, pengunjung hari ini sangat banyak,” lanjut Busyro.

Ke depan pemerintah berharap dengan adanya kegiatan seperti itu akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sumenep. Baik wisatawan lokal, luar kota atau bahkan mancanegara.