Fadli Zon Tandatangani Tor Pansus Perpres TKA

0
7860

Penulis: Dzulfiqar

Jakarta, SOROTPUBLIK.COM – Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Fadli Zon menandatangi draft panitia khusus (Pansus) Perpres TKA usai audiensi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di Gedung DPR RI.

“Apa yang saudara-saudara sampaikan, kita juga memahami,” kata Fadli sambil menunjukkan berkas tor (drafting pengajuan pansus TKA), Kamis (26/04/2018).

Fadli Zon yang saat menandatangani draft tersebut ditemani rekan satu fraksinya yang duduk di komisi III DPR RI, Romo Muhammad Syafi’i  mengatakan, beberapa anggota fraksi lain termasuk Fahri Hamzah dari PKS telah mengkonfirmasi akan turut menandatangi draft pansus untuk Perpres nomor 20 tahun 2018 itu.

Meski begitu, Fadli Zon juga menerangkan bahwa pembentukan pansus tetap harus melalui tahapan-tahapan yang cukup panjang. Dimana sepanjang proses itu, pihaknya tetap membutuhkan dukungan dari KSPI dan peserta audiensi lainnya.

“Tapi proses ini tentu akan melalui beberapa tahap, yang pertama adalah proses pengusulan, saya dan Romo Muhammad Syafi’i (mengawali-red),” kata Fadli Zon.

Sebelumnya, ramai menjadi sorotan publik terkait peraturan presiden (Perpres) nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing. Kekhwatiran publik menguat setelah data banyaknya TKA China yang diduga ilegal di tanah air, tersebar.

Beragam ancaman pun menjadi sorotan untuk diwaspadai. Dimulai dari ancaman kurang tersedianya pekerjaan bagi tenaga kerja lokal pada sektor unskill worker hingga ancaman sosial politik dimana China sebagai investor di Indonesia yang menggunakan sistem turnkey project management, diduga memberlakukan sikap politik etnonasionalis dalam urusan luar negerinya.

LEAVE A REPLY