Disdik Mulai Merekrut Calon”Paskibraka” Yang Berwatak dan Berkarakter

0
315

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Meskipun waktu Detik-detik peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI masih cukup lama. Namun Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, mulai melakukan persiapan dengan cara melakukan rekrutmen terhadap siswa-siswi SMA, atau yang sederajat dari kelas X-XII untuk diseleksi menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Kabid Pembinaan SMP Disdik Sumenep, Moh. Iksan mengatakan, untuk menyambut HUT RI Ke 72, pihaknya saat ini mulai melakukan persiapan-persiapan, salah satunya adalah melakukan rekrutmen.

“Target kami adalah semua siswa-siswa SMA yang sederajat se Kabupaten Sumenep mendaftar, setelah itu akan dilakukan seleksi secara mendalam, bukan berupa titipan,” ucapnya. Jum’at (03/03).

Ketika ditanya terkait kriteria siswa yang pantas dan akan menjadi Paskibraka itu, Iksan menjelaskan, bahwa siswa tersebut harus berwatak, berkarakter dan siap mengawal detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Tentunya sifat utama yang menjadi prioritas, siswa-siswi tersebut memiliki karakter dan watak serta mental yang bagus,” katanya menjelaskan.

Iksan juga mengemukakan, setelah terseleksi dan memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, maka siswa-siswi yang terpilih tersebut akan digembleng selama empat bulan lamanya.

“Mereka itu akan aktif melakukan latihan Paskibraka yang dikomandoi oleh petugas yang memang sudah berkompeten,” ujarnya.

Iksan menambahkan semua siswa-siswi SMA dan sederajat yang sudah mendaftarkan dirinya ke Panitia di Dinas Pendidikan setempat. Tidak usah takut karena hanya siswa yang memiliki karakter dan watak yang bagus yang menjadi prioritas.

“Bagi siswa-siswi yang sudah mendftaran ini bukan titipan karena calon peserta di seleksi bedasarkan skill yang ia miliki,” tukasnya.

LEAVE A REPLY