Disdik Gelar Workshop karya Tulis Ilmiyah Bagi Kepala Sekolah dan Guru

0
200

Penulis : Doess

SUMENEPSOROTPUBLIK.com  –  Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura Jawa Timur, menggelar Workshop karya tulis ilmiah bagi Kepala sekolah dan Guru. Senin (19/09/2016) bertempat di salah satu hotel di Jalan Trunojoyo.

Acara Workshop ini akan berlangsung selama tiga hari dari 19-21 September 2016 dengan Resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten H. Ahmad Sadik. Hadir sebagai ‘Tutor’ adalah Drs. Subaidi,M.Mpd, LPMP Widia Suara Jawa Timur

Kepala Disdik Sumenep, Ahmad Sadik, dalam sambutannya menyampaikan, guru profesional wajib meningkatkan kinerjanya, salah satunya melalui workshop atau diklat  penyusunan karya tulis ilmiah seperti ini.

“selamat mengikuti kegiatan workshop .” Kata Sadik menyemangati peserta.

Pengembangan keprofesionalan guru sangat terkait dengan kegiatan penelitian, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai bahan menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Dijelaskan Sadik, PTK pada hakikatnya merupakan kegiatan ilmiah yang dapat digunakan sebagai bahan refleksi untuk kegiatan pembelajaran di kelas secara ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Karena PTK merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri berdasarkan permasalahan yang dialaminya,” Ujarnya.

Menurutnya, kompetensi tersebut diperlukan oleh seorang guru untuk dapat meraih sertifikat pendidik sebagai bukti keprofesionalannya.

Sementara, pantia Workshop, Kabid Ketenagaan Disdik Sumenep, Drs, H.A Hidayat MM, mengharap dalam kegiatan ini dapat meningkatkan potensi kompetensi profesionalisme guru melalui Penelitian Tindakan Kelas.

“Terutama yang sudah sertifikasi, dan dapat dijadikan sebagai persiapan awal bagi yang belum bersertifikasi,” Ujarnya.

Katanya, peningkatan tersebut dicapai melalui pemahaman guru dalam mengidentifikasi permasalahan pembelajaran di kelas, merencanakan dan melaksanakan penelitian tindakan kelas , dari serangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat karya tulis.

LEAVE A REPLY