Dinsos Provinsi Jatim Lakukan Deteksi Dini

0
155

Penulis : Nanang

PAMEKASAN, SOROTPUBLIK.COM – Sebanyak 50 penyandang disabilitas di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dilakukan deteksi dini oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Rabu (29/03/2017). Langkah ini dilakukan, sebagai bentuk upaya melakukan penanganan dan rehabilitasi terhadap penyandang disabilitas.

Sri Sugianti, Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Provinsi Jatim menjelaskan, untuk program kegiatan ini di Provinsi Jawa Timur hanya dilakukan di dua titik lokasi. Yakni, di Kabupaten Pamekasan dan di Kota Batu. Di dua titik lokasi sasaran program tersebut, masing-masing jumlah kuota yang ditargetkan sebanyak 50 orang penyandang disabilitas.

“Untuk program ini, jumlah kuota yang kami tentukan saat ini sudah disesuaikan dengan anggaran yang ada di Dinsos Provinsi saat ini. Intinya, dari program ini kami berharap para penyandang disabilitas yang sudah kami tangani nantinya jika sudah berada ditengah masyarakat bisa mandiri dan tidak tergantung kepada orang lain,” Terang Sri Sugianti.

Para penyandang disabilitas yang ditangani dan direhabilitasi oleh pihak dinsos provinsi, nantinya juga akan di gali potensinya masing-masing. Untuk yang potensi, akan dirujuk ke UPT Provinsi. Sementara untuk yang tidak potensi, akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak pemerintah Kabupaten / kota setempat.

LEAVE A REPLY