Dinkes Pastikan Angka HIV/AIDS 2017 Menurun

0
242

Penulis : Brewok

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Dinas Kesahatan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Pastikan angka HIV/AIDS menjadi titik tekan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk terus mengurangi jumlah penderita penyakit mematikan tersebut.

Sesuai data yang terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2016, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sumenep mencapai 36 orang, sehingga kepala Dinas Kesehatan, dr. A. Fatoni mengatakan, pihaknya menargetkan tahun 2017 dan 2018 penyakit menular yang salah satunya seperti HIV/AIDS bisa turun secara drastis.

“Untuk tahun ini kita targetkan menurun dari tahun sebelumnya. Penyakit-penyakit menular memang menjadi perhatian kita,” Pungkas A. Fatoni, Jumat (20/1), saat ditemui diruang kerjanya.

Dengan target tersebut, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya HIV/AIDS yang penularannya melalui hubungan seks bebas dan penggunaan jarum suntik secara bergiliran.

“Intinya masyarakat juga ikut melakukan pengawasan, jika masyarakat mengetahui ada kasus seperti itu langsung lapor ke petugas kesehatan yang sudah tersebar di desa maupun yang di kecamatan-kecamatan,” Ujarnya.

Bahkan Fatoni mengaku, penderita HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Sumenep sebagian besar diketahui sebagai pekerja diluar daerah. Seperti dari Malaysia, maupun daerah lain baik luar negri atau dari lain, sehingga untuk menghindari penyakit menular tersebut, masyarakat agar ikut serta untuk mencegah lebih dini, agar angka penyakit mematikan tersebut bisa menurun untuk tahun-tahun berikutnya.

LEAVE A REPLY