Dinkes Bakal Periksa Kesehatan Calon Jemaah Haji

0
253

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal melakukan pemeriksaan tahap kedua bagi 514 Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan diberangkatkan ke tanah suci mekkah.

Dalam pemeriksaan kedua itu, ratusan CJH tersebut akan diperiksa secara lengkap kondisi kesehatannya guna diketahui dapat dinyatakan mampu atau tidak menjalankan rukun islam yang ke lima tersebut.

Bahkan, CJH juga akan diberi vaksin meningitis karena merupakan syarat wajib untuk mendapatkan Visi sesuai ketentuan yang ditetapkan Pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, dr. Fatoni mengatakan, pemeriksaan tahap kedua direncanakan akhir Mei atau sebelum puasa di Rumah Sakit atau Puskesmas-Puskesmas di Kecamatan tempat tinggal CJH.

“Pemeriksaan tidak dapat membatalkan jemaah untuk berangkat walaupun dinyatakan memiliki riwayat menderita penyakit kecuali dinilai tidak mampu melaksanakan ibadah,” katanya. Jum at (05/05).

Fatoni menegaskan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep nantinya akan memilah CJH yang kondisi kesehatannya dinyatakan tidak beresiko, beresiko ringan, resiko sedang, atau beresiko tinggi.

Bagi jemaah mandiri atau tidak beresiko dihimbau untuk tetap menjaga kondisi kesehatannya supaya tetap fit.

“Bagi yang dinilai beresiko tinggi nantinya akan direkomendasikan untuk dilakukan pendampingan dari petugas medis,” tukasnya.

LEAVE A REPLY