Dinas Peternakan Intensif Awasi Peredaran Daging

oleh

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COMDinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan mengintensifkan pemeriksaan daging ternak selama masa Ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah guna memastikan komoditas kebutuhan masyarakat tersebut layak dan aman dikonsumsi.

Kepala Disnak dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumenep, Edi Sutrisno mengatakan, Instansinya memang rutin melakukan pengecekan daging di sejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan (RPH), namun khususnya di masa ramadhan akan lebih digalakkan karena konsumsi masyarakat pada komuditas tersebut meningkat.

“Kegiatan pengecekan dilakukan secara mendadak dengan turun langsung ke areal penjualan daging ayam dan sapi untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan terhadap daging yang dijual melalui alat pengukur derajat keasaman,” katanya. Selasa (13/06).

Selain itu, lanjut dia, Instansinya juga akan memantau stok daging yang dijual di Pasar termasuk kemungkinan masuknya daging impor.

Mantan Asisten III Pemkab ini mengungkapkan, berdasarkan hasil pengecekan tidak satupun komuditas daging baik sapi maupun ayam yang dinyatakan negatif misalnya berpenyakit.

“Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap penjualan komuditas daging dan proses pemotongannya dibeberapa RPH untuk memastikan daging tersebut benar-benar aman, sehat, utuh, dan halal,” ungkapnya.