Dikenal Kritis, Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Maluku Ini Lolos Anggota DPRD SBB

oleh
Yudin Hitimala, Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Maluku yang lolos jadi anggota DPRD SBB. (Foto: Fitrah/SorotPublik)

Penulis: Fitrah/Kiki

SBB, SOROTPUBLIK.COM – Yudin Hitimala, salah seorang aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Maluku berhasil lolos sebagai anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Pileg 2019 lalu. Ia maju menggunakan kendaraan politik Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dari Dapil Kecamatan Huamual Belakang dan Kepulauan Manipa.

Saat Pleno Perhitungan PPK Kecamatan maupun Pleno KPU, di antara caleg asal Dapil Huamual Belakang-Kepulauan Manipa yang sudah dipastikan lolos sebelum adanya penetapan, salah satunya adalah Yudin Hitimala.

Loading…

Pemuda yang dikenal sangat kritis oleh publik tersebut tak hanya dikabarkan melenggang sebagai anggota DPRD SBB, namun merupakan anggota DPRD termuda pula.

Hitimala diketahui mendapatkan perolehan suara sebanyak 1.284 suara dengan akumulasi suara Partai Hanura mencapai 3.226 suara di dapilnya, sehingga dipastikan mendapatkan kursi kedua setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan akumulasi suara sebanyak 3.367 suara.

Sedangkan posisi kursi ketiga diperebutkan oleh Partai Gerindra dengan akumulasi 2.739 suara, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) pada posisi keempat dengan akumulasi suara partai sebanyak 2.555 suara.

Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikabarkan meraih posisi kursi kelima dengan akumulasi suara partai sebanyak 2.330 suara. Sedangkan posisi kursi terakhir diraih oleh Partai Golkar dengan akumulasi suara sebanyak 2.076 suara.

Walaupun usianya masih tergolong muda, Hitimala memiliki jiwa kreatif yang tinggi serta militansi perjuangan yang tidak bisa diragukan lagi, karena telah melalui proses yang matang di berbagai jenjang organisasi.

Tentu saja, proses-proses yang dilalui Sekretaris Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Leihitu (Assilulu) tersebut selama ini, akan menjadi bekal baginya untuk tampil berjuang di panggung politik demi kepentingan banyak orang di kabupaten berslogan Saka Mese Nusa itu.

Hadir untuk Membela Hak Petani

Selain sebagai politisi muda dari Partai Hanura, Yudin Hitimala juga merupakan mantan Koordinator Wilayah V Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia untuk Daerah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Ia dikenal pula sebagai pemuda yang peduli serta punya solidaritas tinggi, terutama selalu hadir untuk membela hak-hak petani yang tidak tersentuh oleh pemerintah.

Alumni Fakultas Pertanian UNPATTI angkatan 2008 yang lulus tahun 2016 tersebut, siap hadir untuk berjuang mensejahterakan para petani sesuai dengan ilmu yang dimilikinya.

Hitimala mengaku maju sebagai caleg DPRD SBB melalui Partai Hanura dengan tujuan membela rakyat yang berprofesi sebagai petani. Sehingga, ia yang dikenal sangat kritis soal kebijakan pemerintah selama ini, terutama di sektor pertanian, nantinya bisa berjuang melalui kursi DPRD.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan amanah dan kepercayaan dari masyarakat di dapil Kecamatan Huamual Belakang dan Kepulauan Manipa untuk duduk di kursi DPRD Seram Bagian Barat,” katanya, bersyukur.

Loading...