Diguyur Hujan Aktifitas Petani Garam Terhenti

oleh
Para Petani Garam saat Menyelamatkan Garamnya Dari guyuran Hujan

Penulis : Doess

SUMENEP, SOROTPUBLIK.COM – Hujan yang mulai mengguyur Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, menjadikan petani garam kelimpungan. Pasalnya banyak garam milik petani yang sudah siap panen kembali mencair akibat di guyur hujan. Minggu 5 Nopember 2017.

Intensitas hujan yang turun pada hari minggu sekarang ini tidak terlalu deras, namun guyuran air huja tersebut menjadikan aktifitas petani terhenti.

“Bagi kami petani garam, kalok ada hujan itu aktifitas kami jadi terhenti, tapi mau bagaimana lagi mungkin ini sudah tiba musim hujan,” kata Jamal, petani garam di Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget, Mimggu (05/11).

Tapi bagaimanapun juga kata Jamal, pihaknya bersyukur pada musim panen tahun ini, disebabkan cukup bagus dan harganya juga bagus.

Ketua Aliansi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep, Ubaidillah, memperkirakan bahwa masa produksi garam setempat pada tahun ini akan berakhir pada akhir November ini.

“Sudah beberapa kali turun hujan dalam skala ringan petani masih bisa memanen dan berproduksi garam, tapi kalau untuk bulan ini sudah masuk musim hujan beneran,” paparnya.